Kenapa ada yang berubah ya???




Masih tersimpan rapi dipikiran ini, gimana dulu aku masih sering manjat2 pohon, tyus juga masih hobby main kelereng ataupun main kejar2an bareng teman - teman, waktu itu usia ku masih 9 tahun dan duduk di kelas 4 SD... dulu rasanya ga ada malu mandi di danau dekat rumah, loncat dari tebing2 yang ada disekitar danau tanpa menggunakan busana... tidak ada rasa malu ataupun takut.. (masa kecil yang degilll abizzzz....)

tapi itu kan dulu sob... coba dech kamu bayangin diri kamu saat ini, disaat remaja, apakah masih berani ngelakukan hal seperti itu??? (g' janji dech...)

kenapa bisa gitu ya???

sobat remaja, kamu pernah dengar istilah yang satu ini g' "PUBERTAS"... aha... udah tau dunk...n mungkin kamu juga udah pernah ngalaminnya...

pada rubrik kali ini STAR pengen Sawer - Sawer Info tentang PUBERTAS, masalah yang satu ini so pasti setiap manusia alamin... tul g'???
PUBERTAS merupakan masa dimana seorang anak ngalamin perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual.. perubahan - perubahan yang terjadi pada tiap orang ntu berbeda - beda.so, tu normal aja kok sob..
yang perlu kita ingat, pada saat udah ngalamin yang namanya PUBERTAS,alat reproduksi kita udah bisa ngejalanin tugasnya untuk melanjutkan keturunan secara biologis, so, sobat remaja, kita kudu ngejaga alat reproduksi kita, jangan dipakai sembarangan... hehe... gunakanlah pada waktunya nanti kalau udah menikah. mang seh secara biologis kita udah siap, tapi secara ekonomi, sosial dan psikologis apa kita siap??? g mau kan masa muda kita yang menghebohkan ini, harus diisi dengan menyusui anak ataupun menghidupi keluarga?? (uang buat beli pulsa aja masih minta2 ama ortu.
pada kaum Adam alias cowok, PUBERTAS ditandai dengan Mimpi Basah and Pada kaum Hawa alias Cewek ditandai dengan Menstruasi yang pertama (Menarche).

Kenapa PUBERTAS bisa terjadi??

PUBERTAS ntu terjadi karena tubuh kita mulai memproduksi hormon - hormon seks, sehingga alat/ organ reproduksi telah berfungsi dan tubuhpun ngalamin perubahan - perubahan (baik cow or cew). nah, ne semua dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron pada cewek, sedangkan pada cowok dipengaruhi oleh hormon testoteron.

Perubahan Fisik yang kita Alami pada saat PUBERTAS adalah..
pada Cowok :
1. Tumbuhnya Rambut (disekitar kemaluan, kaki, tangan, dada, ketiak, dan wajah berjambang serta berkumis)
2. bersuara bariton/ ngebass.
3. badan jadi berotot, terutama pada dada dan bahu.
4. Pertambahan berat dan tinggi badan.
5. Penis akan bertambah besar dan jika ngalamin rangsangan bisa mengeluarkan sperma.
6. suka BB (Bau Badan)
7. ngalamin Mimpi Basah


pada Cewek :
1. Tumbuhnya rambut disekitar alat kemaluan dan ketiak
2. suara menjadi halus dan melengking
3. pinggul semakin membesar
4. pertambahan tinggi badan
5. Payudara akan bertambah besar
6. kulit jadi lebih halus
7. Paha membulat
8. ngalamin Menstruasi


Ok sobat remaja, ntar kita akan bagi - bagi info lagi dengan informasi yang berbeda... seee... aaa... (Eel STAR)

Posted by STAR Crew | di 12.25

0 komentar:

Posting Komentar