Pelatihan Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya 2011

Salam Remaja Riau......
Seperti yang kita ketahui bersama, dimasa globalisasi ini remaja dihadang oleh permasalahan - permasalahan seperti pergaulan bebas, penyalahgunaan NAPZA, kehamilan idak diinginkan yang dapat berujung kepada pernikahan dini atau aborsi, dan dari itu semua remaja juga rentan terhadap HIV dan AIDS. Di era globalisasi ini juga informasi sangat mudah untuk diakses, sehingga tanpa filter yang baik remaja akan semakin terjerumus dengan informasi yang salah. Oleh karena itu semua, STAR PKBI Riau berinisiatif untuk mengadakan Pelatihan Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya yang dapat menjadi sumber informasi dan tempat curhat yang ramah remaja.

Pelatihan Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 5-6 Maret 2011. Kegiatan yang dilaksanakan di kantor PKBI Riau, Jalan Ikhlas, Labuh Baru Timur ini diikuti oleh 20 orang relawan remaja STAR. Untuk mengikuti kegiatan ini temen-temen remaja harus melewati proses pretest yang diberikan oleh tim fasilitator yang terdiri dari mbak R. Mayangsari (Dir. Eks. PKBI Riau), mbak Kuntum Khaira (PO SR PKBI Riau), dan Helmi Yardi (MP Youth Center PKBI Riau).

Hari ke-I kegiatan ini diisi dengan pembekalan materi kepada seluruh peserta oleh fasilitator. Para peserta diberikan pembekalan materi mengenai Konsep Kerelawanan PKBI, Kesehatan Reproduksi Remaja, Orientasi Seksual, Gender,  Teknik Fasilitasi, dan eknik Konseling. Pemberian materi ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para peserta yang kelak akan menjadi sumber informasi bagi teman sebayanya dan juga bekal untuk manghadapi hari ke-II pelatihan ini.

Pada malam harinya peserta diminta untuk langsung memberikan informasi kepada remaja dengan konsep Mobile Information, dimana para peserta ditugaskan untuk memberikan informasi yang telah dibekali oleh fasilitator kepada remaja dan juga komunitas remaja yang berada di Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru.

Pada hari ke-II, kegiatan pelatihan ini diisi dengan microteaching. Setiap peserta harus mempersiapkan materi yang akan disampaikan didepan peserta lainnya. Pada sesi ini diharapkan peserta dapat lebih kreatif untuk menyampaikan informasi dengan kemasan yang lebih menarik. Pada sesi ini, peserta menggunakan metode tanya jawab, diskusi, ceramah dan juga games yang dapat emncairkan suasana. Kegiatan ini diakhiri dengan postest kepada seluruh peserta.


"Kegiatan ini sangat penting dan bagus sekali untuk merefresh, memperkuat dan memperkaya pengetahuan relawan sehingga dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan relawan dalam penyampaian informasi kepada teman-teman sebayanya" tutup mbak Kuntum.

Posted by STAR Crew | di 12.12

0 komentar:

Posting Komentar